Santri Manusia Istimewa:Santri Siaga Siap Jiwa Raga

Dunia Islam Keislaman Pesantren Purwakarta


Oleh: H. Hadi M. Musa Said, M. Si**


Upacara Hari Santri Nasional, di SMK / SMA Al Badar Cipulus Pondok Pesantren Alhikamussalafiyah Cipulus Wanayasa Purwakarta, tetap dilaksanakan dengan sederhana ditengah pandemi yang belum usai, walaupun sederhana tapi InsyaAllah ini adalah kebahagiaan dan Kebanggan Kaum Santri yang harus di rayakan secara bersama sama dengan riang gembira.

Saya sampaikan bahwa menjadi Santri itu menjadi Manusia Istimewa yang dipilih langsung oleh Allah SWT, Santri kenapa Istimewa karena Santri memiliki banyak kelebihan yang kalau potensi itu digali secara maksimal dengan baik akan sangat luar biasa, Santri bisa menjadi Ulama, Umara secara bersamaan dan dari situlah kita bisa harapkan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara kita akan jauh lebih baik lagi apabila melibatkan Santri dalam pengelolaanya.

Santri punya peran, jasa dan kontribusi yang sangat besar atas berdirinya NKRI dan perjuangan kemerdekaan Bangsa ini tidak bisa lepas dari kaum Santri, jadi apabila Santri diberikan kesempatan memimpin dan mengelola Negeri ini, saya yakin haqul yakin akan jauh lebih baik dan maju, karena Santri akan memimpin dengan hati dan ahlakul karimah.

Menjadi Santri hari ini punya tanggung jawab yang lebih besar, Santri hari ini harus mampu menjadi jembatan kebijakan dari Negara ke maayarakat, Kyai, Santri dan Pesantren adalah satu kekuatan yang dahsyat untuk bersama memajukan Bangsa Indonesia, saya tidak bisa membayangkan kalau seandainya waktu itu Indonesia tanpa Santri mungkin kemerdekaan itu sulit di raihnya, kalimat pembuka dalam undang-undang 1945 itu atas Berkat Rahmat Allah SWT, diusulkan oleh KH Wahid Hasyim yang seorang Santri putra Pendiri Nahdlatul Ulama Hadratusyaikh KH Hasyim Asy’ari, itu bukti nyata bahwa peran Santri sangat signifikan atas perjalanan Bangs Indonesia.

Menjadi Santri bisa menjadi apa saja dan sangat bermanfaat bagi lingkungan masyarakatnya, akan sangat dibutuhkan jadi jangan pernah berkecil hati, jangan pernah takut, jangan pernah rendah diri, karena Santri adalah orang-orang Hebat yang ditakdirkan menjadi perekat, perawat, pejuang dan penjaga sebagai benteng-benteng NKRI.

Santri manusia pilihan yang tidak semua orang mampu menjalaninya, nikmatilah takdir kalian menjadi Santri yang berkualitas, berintegritas, berwawasan luas dan bertanggungjawab, selamat Hari Santri Nasional, Santri Hebat Indonesia Kuat.. bertumbuh dan berdaya, Santri Siap Jiwa dan Raga.

Salam Santri Burangrang
S A N T R I
Satukan Amanat Negeri Tegakan Republik Indonesia

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *