Jelang Kongres, JAM PMII Gelar Silaturahmi Nasional KB PMII

Dunia Islam


Burangrangnews.com – Koordinator Nasional Jaringan Alumni Muda Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Koornas JAM PMII), PB PMII dan CM Management gelar silaturahmi nasional kader dan Alumni Muda PMII pada minggu (21/02/2021).

Acara bertajuk NgoGres (Ngobrolin Kongres) dengan thema “Bersama Meniti Jalan Pergerakan: Kobarkan Semangat Persahabatan ditengah Pandemi Covid-19” tersebut berlangsung diruang virtual Zoom Meetings dan dihadiri ratusan Kader, alumni dan 19 Kandidat calon Ketua Umum PB PMII dan KOPRI.
Hadir sebagai Panelis Khalid Saerozy, Dahlia Umar, Anies Hidayah, Nyarwi Ahmad dan A Khairul Anam, acara di pandu oleh Ketua SC Kongres PMII sahabat Muhtar Ansori, Hadir juga Ketua Umum PB PMII Sahabat Agus M Herlambang.

Mengawali sambutan atau pengantar silaturahmi tersebut Koordinator Nasional JAMPMII Hadi M Musa Said, M. Si., atau yang biasa di panggil Adhe Bagus Said, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan acara silaturrahim pergerakan antar generasi yang ada di Keluarga Besar PMII bukan merupakan ajang debat Kandidat Calon ketua Umum PB PMII dan KOPRI walaupun dalam agenda acara tersebut terdapat penyampaian gagasan serta sesi tanya jawab bersama para panelis.

Hadir memberi Keynote Sprache Ketua Umum PB PMII Agus Herlambang membenarkan kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi para kandidat bersama para senior dan kader yang difasilitasi JAMPMII dan CM Management bukan merupakan ajang debat kandidat. Pria yang akrab disapa Ketum Agus ini juga menyampaikan terimakasih atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Hadir sebagai panelis Akademisi yang juga merupakan Alumni PMII Sahabat Nyarwi Ahmad menyampaikan tantangan-tantangan yang dihadapi kader dan Alumni PMII ditengah kompetisi dunia yang semakin terbuka.
Dosen UGM tersebut, mencontohkan salahsatu tantangan yang dihadapi Kader PMII dibidang politik. Melalui pemaparan argumen dan data ilmiah yang dimilikinya, dia memaparkan bahwa kemungkinan besar Presiden Gusdur merupakan satu-satunya atau presiden terakhir Indonesia dikalangan Nahdliyin khususnya Kader PMII.
Selain itu, tantangan Oligharki kuasa dan menguatnya Populisme juga menjadi isu yang dipertanyakan Dosen UGM tersebut terhadap hadirin khususnya kepada kandidat PB PMII dan KOPRI.

Diantara isu atau wacana kebangsaan dan Keislaman yang mewarnai kegiatan tersebut adalah mengenai permasalahan terroisme serta polarisasi masyarakat, skema peran PMII dimasa depan, kemudian status keberadaan PMII di NU, serta peran dan potensi kader putri (KOPRI) menduduki jabatan sebagai Ketua Umum PB PMII.

Sementara itu, keberadaan acara tersebut juga diramaikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kader PMII dalam kolom komentar/chat yang mengikuti kegiatan bertajuk NgoGres tersebut. Diantara pertanyaan-pertanyaan yang berhasil redaksi peroleh adalah mengenai permasalahan diinternal PMII, serta keberadaan organisasi Kemahasiswaan lain di tubuh Organisasi NU.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Umum PB PMII 2011-2013 sahabat Addin Jauharudin yang juga menyampaikan harapannya terhadap kader terutama para Kandidat PB PMII dan KOPRI yang harus tetap konsisten mengawal kaderisasi di PMII serta Kader PMII diharapkan dapat relavan dengan dengan kemajuan zaman yang dinamis ” Setiap zaman ada orangnya dan setiap orang ada zamannya serta Setiap moment ada waktunya dan setiap waktu ada moment nya” Tuturnya.
Ditanya mengenai Komitmen distribusi kader, Bang Addin (biasa disapa) sembari terbahak siap memfasilitasi kader yang gagal nyalon di PB PMII dan PB KOPRI untuk masuk di PT POS Indonesia.
“Saya siap lahh memfasilitasi calon Ketua Umum yang gagal untuk masuk di PT POS Indonesia hehhehehe” Pungkasnya.

Selanjutnya harapan kita semua bahwa PMII adalah tempat dimana kita belajar dan menyiapkan kader disetiap ruang kehidupan berbangsa dan bernegara, tutup Adhe Bagus Said sebagai Koordinator Nasional JAM PMII.
Sebagai informasi tambahan, pembaca burangrangnews.com dapat mengakses secara lengkap kegiatan tersebut melalui:

https://youtu.be/d2Lcu4pUL0Y

Leave your vote

Comments

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *